Masalah Anak GTM, The Problem of The Picky Eater Toddler (Pt.2); 10 steps that can be done/ 10 langkah yang bisa dilakukan

Aku baca-baca online mengenai kasus anak aku ini. Orang luar nyebutnya ‘picky eater’.

Dulu waktu usia mpasi 6 bulan+, anak aku ga ada masalah makan. Tapi mulai usia 10 bulan+ waktunya anak aku tumbuh gigi, dari situ dia berhenti makan sama sekali. Sebelum baca lebih lanjut part 2 ini, mungkin bisa baca part 1 dulu ya.. ; Masalah Anak GTM, The Problem of The Picky Eater Toddler (Pt.1)

Di usia anak aku yg sekarang di 3.5 – 4 tahun, selain soal masalah soal texture makanan, dia juga anaknya curigaan. Jadi kalo dia ditawarin makanan apapun itu, dia liatin dulu dengan curiga, bauin, jilat ujungnya doang, sukur kalo lagi pas berani dia gigit ujungnya dikiiiiiiittt banget. Pokonya kaya yang takut gitu, ga percaya banget.

Di article itu juga bilang, we have to let loose a little bit. Jadi kalo ibaratnya anak mau makan sambil pake celana di kepalanya gitu misalnya, biarin aja. Yang penting dia mau makan dulu.  Nah, aku ga pernah pake makanan instant, apa-apa bikin. Soalnya takut bahan pengawet lah, msg lah. Nugget aja biasanya aku bikin sendiri, kue bikin, roti juga bikin. Tapi, khusus untuk situasi ini, aku relakan dulu. Asal sedikit aja ada masuk, aku dah happy. Asal dia dah biasa makan aja, nanti bisa diatur lagi.

Beberapa articles itu juga bilang, untuk mengenalkan texture atau makanan jenis baru ada 2 cara. Pertama, campurin makanan yang ingin kita perkenalkan di makanan yang bener-bener dia suka. Contoh, dia suka mie trus kita mau memperkenalkan ayam, kita bisa tambahin ayam di hidangan mie dia. Kedua, bisa di potong sekecil mungkin atau bahkan di blender sehingga beneran tersembunyi sampe dia familiar dengan rasanya. Contoh, hidangan mie dia disiram pake base saus ayam. Dari kedua pilihan itu emang kita harus coba-coba sendiri, mana yang paling cocok sama anak kita.

Ada 10 tahapan yang sudah pernah aku lakukan dulu, di awal-awal banget dia belajar lagi makanan solid di umur 3.5 – 4 tahun:

  1. Libatkan dia dalam process memasak

Karena dia curigaan, aku sengaja melibatkan dia untuk masak supaya dia tau kalo semua ini bisa jadi sesuatu yang enak ko nanti. Walaupun ngeliat bahan makanan itu dia bilang “iy……… what is that??’ Tapi dia jadi tau kalo semua bahan makanan ini setelah dibikin bisa jadi bagus and enak.

  1. Coba suasana baru

Pertama kali nyobain lagi makan, aku bawa dia makan diluar. Padahal aku orangnya strict, kalo makan ya di meja makan. Tapi khusus ini aku relakan saja, asal dia mau aja.

  1. Tempat makan plus cutlery lucu-lucu

Dari dulu jaman mpasi juga sebenernya punya, tapi sekarang ini aku libatkan dia. Aku ajak dia milih piring-piring, gelas, sendok lucu di di toko oren and beli bareng.

  1. Untuk memperkenalkan bahan makanan baru, di pancing pake makanan yang dia dah bisa

Dia kan mau makan roti, makan mie. Dengan roti aku pancing dia makan keju, jadilah roti coklat keju. Dengan mie, aku pancing dia daging cincang. Abis gitu pancing lagi, pancing lagi dan seterusnya. Sometimes, kalo kira-kira dia cape ‘training makan’, sayurannya aku sembunyiin; either potong kecil atau blender. Contoh, aku pernah bikin bakso ayam udang plus potongan wortel kecil-kecil banget didalemnya.

  1. Konsistensi

Pertama, sebisa mungkin makannya tepat waktu pagi, siang, sore di jam yang sama. Waktu dia cuma makan kue, aku kasih kue. Waktu cuma bisa smoothies, aku kasih itu aja. Its ok apa aja, lama-lama juga perutnya akan terbiasa lapar di jam-jam itu. Kalo baby K, pagi jam 10.00, siang jam 12.00, malem jam 18.00 – 18.30. Kedua, sebisa mungkin selalu penuhi porsi minimum untuk melatih lambung dia.

  1. Makanan dibentuk lucu-lucu

Pernah lihat di IG ada content bikin bekel sekolah anak di bentuk lucu-lucu gitu? Bentuk kelinci, kucing atau apa lah. Well, that’s what I’m doing now. It’s working so I keep doing it. Lumayan juga jadi bisa ngukur porsi.

  1. Makan ga usah banyak

Kalo keliatan banyak dia juga jadi males. Nah, untungnya di lucu-lucu bentuknya tu ya itu. Makanan jadi ga keliatan berantakan banyak gitu. Jadi less intimidating istilahnya. Nanti juga dia kalo udah mulai menikmati makanan, dia akan minta tambah.

8. Nonton video masak masak atau makan

Terutama vidio anak anak makan atau video masak makanan anak. Supaya dia terbiasa, tetarik sama makanan.

  1. Beliin dia slime or playdough

I know it sounds like ga ada hubungannya, but trust me it works. Supaya dia terbiasa dengan texture yang ‘enyoy’ atau gooey  gitu ditangannya. Harapannya dia jadi ga terlalu geuleuhan lagi. Pernah aku suapin dia sambil dia maen play dough. Langsung lep lep makanan masuk.

  1. Siapkan puji-pujian selangit

Wow…..you did a good job. Wow…. Now you’re taller and stronger because you had a nice meal. Mmmm,…. This food is so.. yummy…. Suruh kakaknya makan di depannya juga, bikin dia iri. Kita harus ada sandiwaranya sedikit. Jangan terlalu di denger kalo anaknya bilang, this is bad, that is bad, selagi masa latihan ini anggap itu ga ada. Jawabannya tetep satu, ‘this is soooo… yummy….. 😊’

Well, sejauh ini tahapan tahapan diatas ini yang aku lakukan. So far it works. Anak aku bisa makan bakso sekarang, beef / chicken patty, udang, mushrooms, peas, sweet corn, and the best part is rice sometimes. 😊 Don’t give up mummies, jangan menyerah ibu-ibu…. Percaya pasti ibu-ibu nemu satu celah itu. Sing sabar nunggu, ga usah panic. Up and down pasti ada, kita juga sometimes kan makan suka ada bosennya. But trust me, someday everything will be ok..

Aku bakalan share makanan beberapa makanan yang aku buatin untuk baby K di IG: @amandarahmanita. Silahkan di lihat-lihat aja ya, siapa tau ada sedikit berguna.😊



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *