Belanja Online dari Sorong, Papua Barat Daya

As promised, aku mau cerita gimana caranya aku belanja online dari Sorong, Papua Barat Daya. Kalo belom baca mengenai cerita aku yang pindah ke sorong, mungkin bisa klick link berikut ini ya.. Pindah ke Sorong, Papua Barat Daya

Kenapa si special banget belanja online aja di ceritain? Soalnya, ongkir kesini dari Indonesia bagian barat itu mahal banget asli. Sementara aku tu tipe yang apa apa belanja online. Karena aku kan pindah-pindah, butuh ini itu kalo harus nyari-nyari dulu dimana beli, abis gitu kalo harus nunggu Pak Suami mah lama.. Jadi solusinya ya belanja online.

Kalo belanja di dalem daerah Sorong si ampir ga ada kendala. Rata-rata orang disini banyak yang jualan di Facebook daripada di Instagram apalagi TikTok. Aku sendiri bukan pengguna Facebook. Abis gitu untuk pengiriman mereka menggunakan kurir pribadi sendiri. Aku ga ngerti kenapa mereka ga pake fasilitas JNE, JNT seperti normalnya Online Shop lain. Contoh, kita di bandung ngirim ke bandung lagi aja pake JNE, ga ngerti kenapa disini ga gitu. Aku belom nyoba si ngirim dalem kota pake JNE, JNT, dll, ntar kalo dah coba aku kasih tau lagi.

Ongkir dari Indonesia bagian barat ke Sorong ini sampe antara 100,000 – 150,000 per kilo. Ga ngerti kenapa ko mahal banget, jauh kali. Misalnya kita kepengen beli kerudung 45,000 aja harganya, ongkir ke Sorong 120,000, kan rugi banget ya?!

Setelah tinggal disini beberapa lama, aku berhasil menemukan beberapa cara untuk belanja online dari Indonesia bagian barat:

  1. JNE Cargo

Harganya 150,000 per 10 kilo. Ngirimnya ke pusat kantor pusat JNE di Sorong di Jalan Ruko Kuda Laut Blok B No. 9, Jl. A. Yani, Klaligi, Sorong Manoi, Klaligi, Kecamatan Sorong Manoi, Papua Barat, Papua Bar. 98411. Kalo dah sampe kita ambil sendiri ke alamat ini. Lama pengiriman 14 hari kerja. Ini cocok banget untuk yang ngirim barang besar atau banyak. Aku pake ini waktu sodara aku mau ngirim barang dari Bandung kesini. Di JNE Bandung dia bilang ‘ambil sendiri’, nanti sama dia di tandain.  Disini aku tinggal kasih liat nomor resi aja untuk ambil barangnya.

  1. Jastip

Jastip a.k.a Jasa Titip. Ini sepertinya metode yg paling popular. Bisa jastip jalur laut atau lewat udara. Jadi kita kalo belanja online kirim ke alamat jastipnya. Biasanya, alamat Jastip tersebar di beberapa titik strategis kaya Jakarta atau Surabaya. Trus, mereka lanjutin ke Sorong. Nah, kita di Sorong tinggal ambil di alamat pengambilan yang ditentukan Jastip tersebut.

Kalo pengiriman lewat kapal laut, disesuaikan dengan tanggal pelni (biasanya pelni ada 3 kali – 4 kali sebulan). Biasanya perusahaan jastipnya ngumumin tanggal trus kita harus ngirim sebelum tanggal itu. Lama pengiriman di laut biasanya 5 hari. Harga jastip sekitaran 15,000 – 18,000 per kilo.

Kalo pengiriman lewat udara, tergantung perusahaan jastipnya. Rata-rata flight available 3 kali seminggu Sampe sorong sekitar 2 – 3 hari aja totalnya. Harga jastip via pesawat sekitaran 80,000 per kilo. Nah, kalo butuh cepet, bisa ni jadi pilihan.

Cuma kalo misalnya pengen ngirim lewat pesawat, sebaiknya tanya-tanya dulu term and condition-nya ya. Soalnya selayaknya di pesawat, ga boleh ngirim cairan lebih banyak dari sekian ml, ga boleh ngirim battery, dan beberapa peraturan lagi, coba cek aja ke perusahaan jastipnya. Kalo lewat kapal laut mah bisa lebih longgar.

Sejauh ini, dua jasa ini si yang aku pake untuk belanja online kebutuhan aku. Aku dapet beberapa nama Jastip. Yang pernah aku pake IG: @jastipsorong.id, IG: @jastipkilo10, aleevenia jastip; via kapal laut only (no IG). Saran aku, pilih yang tempat pengambilannya paling deket ke rumah kalian. Supaya gampang kita bisa ngambil sambil otw kerja atau jalan.

Well, segitu dulu ya.. Semoga membantu. Nanti kalo ada lagi aku tulis disini. Bye now..



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *