To Begin Crocheting / Mulai Merajut

So, as I promised in my previous post, this time I’ll share my experience on how I begin crocheting. I decided to share with you, what to prepare and where to buy. Since I’m located in Indonesia, I got all the materials from my origin. These items are not difficult to find, I am sure you it will be easy to find everywhere.

Before we begin, Crocheting kalo kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya Merajut. Merajut kalo kita liat dalam Bahasa Inggris bisa Knitting dan Crocheting. Apa bedanya Knitting and Crocheting ? Soalnya berarti kan sama-sama merajut, tapi bedanya dimana?

Knitting vs Crocheting

Kalo knitting jarumnya 2, kalo crocheting jarumnya 1. Hasilnya juga beda. Bener-bener selera aja and sesuai kebutuhan. When I’m writing this, aku bisanya baru crocheting aja, knitting belom bisa. Hopefully one day aku bisa belajar.

So, what do you need to begin crocheting?

Hakpen

Yang disebut Hakpen tu jarumnya. In general, hakpen ada yang pake handle ada yang ngga, ada yg double ended ada yang engga. Handlenya macem-macem, ada yang terbuat dari plastic, silicone, kayu, acrylic dll. Yang umum, handle terbuat dari plastic and silicone. Bahan jarumnya sendiri ada yang dari aluminum atau dari besi biasa, bamboo juga ada. Karena macem-macem itu, makanya harga hakpen juga beda-beda. Ada yang 15rb an sampe 100 ribu-an per piece.

Hakpen ada berbagai macam ukuran, saran aku untuk pertama kali banget, beli yang murah aja dulu tapi beli satu set dari 2.00mm – 6.00 mm. Kenapa antara 2.00mm – 6.00mm? Karena untuk pertama kali crocheting, lebih enak belajar pake benang yang ukuran segitu and di Indonesia rata-rata ukuran benang yang beredar di pasaran ukuran segitu. Setiap benang kan punya ukuran/ketebalan yang berbeda-beda, kita pake ukuran hakpen according to ukuran benang.

Yarn / Benang Rajut

Benang Rajut in general ada dua; Wearable and Non-Wearable. Wearable sesuai namanya, untuk dipake di badan; kaya sweater, blouse, hat, scarf, etc. Non wearable, bukan untuk dipake di bada; tas, dompet, bross, anting, sarung bantal, coaster, etc. Silahkan putuskan, kamu tu pengennya bikin apa?

Sidenotes, dulu aku paling pusing ya soal yarn ini. Bingung pake yang mana. Trus beda macem yarn, beda juga nanti hasil akhir walaupun dibikin dengan cara yang sama. Harus sedikitnya aware sama bahan yarn, misalnya, bahan untuk bikin sweater sama untuk tas kan pasti beda. Untuk bahan sweater, scarf kan kita pasti nyari yang anget, maybe a little bit fluffy, sedikit berbulu lucu juga.. Kalo untuk blouse kan mungkin kita butuhnya bahan yang adem. Kalo untuk baby outfits, kita kan maunya yang super duper soft. Jadi seperti yang aku bilang, banyaaaakk….banget yang harus di perhatikan.

Aku, beli benang, hampir 100% online. Isn’t it makes 10 times harder? Yes. Abis gimana..? Ga punya pilihan lain. Di Bali ini yang jualan benang rajut sedikit, and macemnya itu itu aja. Kalo di tempat kamu tinggal ada toko benang rajut lengkap dan jualan berbagai macam benang, you are very very lucky. Jadi kan bisa liat benangnya langsung and bisa kita sentuh, bisa lebih kebayang mau bikin apa.

Tapi kalo kalian punya masalah yang sama kaya aku, then.. caranya.. harus harus harus baca description. Di shopee banyak banget yang jualan benang rajut, you just have to read the description box. Kalo masih kurang paham juga, do not hesitate untuk menghubungi seller-nya dulu. Lama-lama juga kita bisa tau, oh.. kalo bikin tas pake ini, kalo bikin sweater pake itu, baju bayi pake itu.

Untuk yang baru mulai banget, aku saranin cari yang namanya benang katun/cotton. Boleh Soft Cotton atau Katun Bali, pokonya yang judulnya Katun/Cotton. Abis gitu cari Katun yang Big Ply. Apa itu big ply? Gampangnya, big ply yang ukurannya gede, small ply yang ukurannya kecilan. Untuk belajar, cari Soft Cotton Big Ply atau Katun Big Ply. Kenapa katun? Karena lembut di tangan, untuk pemula supaya ga bikin sakit dan benangnya gampang di ‘kendalikan’.

Nanti di description box/di keterangannya ada tulisan rekomendasi hakpen (crochet : 4.5 – 5.5 mm) . Nah, tadi kan aku dah rekomen untuk beli hakpen satu set, nah..nanti bisa disesuaikan dengan ukuran benang.

Untuk benang, banyak banget si yang bisa dibahas, tapi for now, ini dulu ya biar ga puyeng. Nanti insyaallah aku cerita lebih jauh. Yang penting mulai rajut dulu;)

Darning Needle/Tapestry Needle

Bukan jarum biasa ya.. Kita butuh jarum yang bolongnya besar. Ada dua macem, ada yang dari bahan jarum jahit pada umumnya, ada juga dari bahan plastic. Terserah lebih enak pake yang mana.

Stich Marker

Nanti kalo dah mulai merajut, butuh marker untuk penanda. Macemnya banyak, pilih aja mana yang disukai.

Gunting

Tentunya kita butuh gunting ; ahahaha… Ga perlu lah ya..dijelaskan lebih lanjut.

Well, I think it is safe to say, kalo kamu dah siap untuk merajut. Kalo kamu tau dimana toko perlengkapan rajut yang lengkap di daerah kamu, cus..buru kesana, pilih-pilih deh. Kalo kamu kaya aku, harus beli online, di shopee cari toko anekabenang, decentcrochet, primevioncraft. Tiga toko itu yang menurut aku cukup lengkap perlengkapannya. Masih banyak toko lain, tapi bisa dibilang semua peralatan yang aku sebut diatas, dijual di toko-toko itu.

Kalo kamu punya guru rajut, belajar dari dia aja. Tapi kalo kamu kaya aku belajar dari YouTube, ketik aja ‘crochet for complete beginner’, keluar deh bermacam-macam. Dalam crocheting, basic untuk pemula belajar ‘Single Crochet (SC)’, ‘Half Double Crochet (HDC)’,’ Double Crochet (DC)’; yang aku sebut ini American terminology ya, kalo UK terminology mereka nyebutnya beda lagi. Beda sebutan doang untuk jenis stiches yang sama. Di Indonesia orang orang banyakan pake US / American terminology, jadi saran aku pake itu aja.

I got nothing to say anymore. Silahkan mulai. Tenang aja, ga usah buru-buru pengen cepet bisa. Sambil santai, sambil nonton drakor, kalo aku sambil ngupi sambil rajut. Built your crochet muscles, haha,, Last but not least, have fun… See you later :)..



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *