6 Merk Popok Sekali Pakai untuk New Born – 9 Bulan

February 27, 2020

Aku tu pengen share popok merk apa aja yang pernah aku pake selama ini dari mulai baby aku baru lahir sampe sekarang 9 bulan. Karena, jujur ketika baby aku baru lahir aku tu bingung sama segitu banyaknya merk popok yang ada di pasaran. Jaman dulu mah waktu anak pertama baru lahir di taun 2011 bisa keitung merk yang ada di pasaran, sekarang mah banyaaaak…… satu merk aja bisa ada beberapa macem.

As for now, aku udah pake beberapa merk. Aku bakal ceritain pengalaman aku sama merk-merk popok ini biar New Mums sedikitnya bisa ada gambaran ya mau pake merk yang mana. Aku tu nyari yang ga panas, ada sirkulasi udara, ga menggembung kalo dah banyak pipis nya, ga gampang bocor, yang tahan lama (walaupun kalo udah 4 jam pasti diganti), yang tetep kering and ga bau.

Disclaimer

  • Ini aku cerita berdasarkan pengalaman aku and my baby ya. Kalo ada yang punya pengalaman berbeda, please write your experience in the comment section below biar New Mums bisa dapet lebih banyak input; the more the better.
  • Baby aku saat ini 10 kgs, masih pake yang M tipe pants. Aku tinggal di Indonesia bagian timur, Bali tepatnya. Jadi, merk-merk yang aku mentioned disini berdasarkan availability di berbagai pusat perbelanjaan di daerah aku.
  • Jujur, soal harga aku lupa dan selalu berusaha melupakan, hahaha.. supaya ga usah terlalu banyak yang dipikir. Jadi harga yang ada disini adalah harga saat February 2020 di Lazada.com di official store masing-masing; just for referensi Ibu-ibu semua.

1.Pampers Premium Care

So far, hands down this is my favorite diapers brand. Waktu baby aku baru lahir, aku pake ini yang tipe perekat. Dia lembut, tipis, aliran udara lancar, otomatis ga panas, ga menggembung sama sekali, ga bocor and tetep kering. Aku berhenti pake ini setelah baby aku mulai masuk ke ukuran M. Why? Karena mahal … Sepertinya kurang sanggup kalo terus-terusan pake ini. Soalnya waktu aku liat harga untuk ukuran yang M, aduh…berat ah.. Aku cari yang lain aja. Tapi ini tu menurut aku pribadi, pilihan tepat untuk baby New Born; awal-awal belajar pake popok sekali pakai. Baby aku pake ini dari Newborn sampe dia ukuran S tipe perekat.

Price : Tipe Perekat S 48 pcs – IDR 172,900 (@3,600)

2. Sweety Gold Comfort

Waktu itu, ada lah yang nengokin baby aku and ngasih kado ini. Ya kita cobain lah, kita pake. Hasilnya to be really honest, NO. Dia kaya yang rapuh, suka bocor, agak basah. Ah, pokonya in my experience it’s not a good one. Murah si, but murah juga sama aja uang. Kalo ngga bagus kan sama aja buang-buang uang. Meskipun tipe Sweety yang Gold Comfort ini ga murah-murah amat loh menurut aku. So, merk ini aku pass.

Price : Tipe Perekat S 50 pcs – IDR 119,600 (@2,400)

3. Mamy Poko Royal Soft

Dulu, anak pertama aku dari New Born sampe lepas popok pake ini aja ga pernah ganti. Dia tu bagus, ga pernah bocor sama sekali, pokonya high durability. Tapi, dia itu menggembung and panas. Anakku sempet beberapa kali kena diaper rash gitu, soalnya ya itu panas. Kita tinggal di Bali, jadi soal panas ini jadi extremely penting buat kita. Nevertheless,  ketahanan nya itu yang bikin popok ini bagus, heavy duty dia. Minusnya si gembungnya itu and panas buat anak aku. Aku liat Mamy Poko ngeluarin Mamy Poko X-tra Kering Slim, popok yang lebih tipis gitu claimed-nya, kemasannya warna ijo tapi aku belom pernah coba.

Price :

Pants M 34 pcs – IDR 122,900 (@3,600)

X-tra Kering Slim Pants M IDR 30 pcs – IDR 59,900 (@2,000)

4. Goo.N Excellent Dry

Goon ini bisa dibilang di atasnya Sweety, tipe sama but better. Pernah coba beberapa lama, lebih tahan tapi tetep kaya yang rapuh. So we decided to seek another brands. Dulu aku coba yang ukuran S tipe perekat.

Price : Tipe Perekat S 44 pcs – IDR 110,000 (@2,500)

5. Merries

Lalu kita coba merries dari KAO. Merries ada dua, Merries Premium (yang putih) and Merries Good Skin (yang hijau).  I never expect I would love this. Merries yang premium kualitasnya bisa dibilang sama dengan Pampers. Halus, tetep kering, ga menggembung, ga lembab dan dibelakangnya di sediain perekat kalo misalnya baby kita abis pup trus popoknya digulung and dikunci gulungannya pake perekat itu. Tapi dia mahal juga sama, ahahaha…

Sedangkan Merries Good Skin, kualitasnya ga jauh beda. Agak sedikit kurang halus, tapi dikit..aja and ga ada perekat di bagian belakang. Aku si YES.. Dia juga masuk ke setiap pusat perbelanjaan dari Alphamart, Indomart, sampe Carrefour, Hypermarket dll. Jadi, sudah diputuskan kalo aku pake ini aja; SAH !

Baby aku pake Merries semenjak masuk ukuran M tipe Pants.

Price :

Good Skin Pants M 34 pcs – IDR 65,000 (@1,900)

Premium Pants M 38 pcs – IDR 121,000 (@3,190) *di gambar emang 28 pcs ya, tapi aku suka beli yang 38 pcs

6. Happy Baby Body Fit

Waktu kemaren tu kehabisan, nitip sama suami sekalian pulang kerja. Suami bilang ga ada, belilah dia merk ini. Aku si ok ya, lumayan dibawah dikit kualitasnya dibanding si Merries Good Skin. Kekurangannya, katanya kan body fit ya? Tapi, malahan suka merosot. Dia bentuknya menyempit diatas, ada karet di ujung atas popoknya, tapi kecil and ga kuat, suka jadi merosot di baby aku. Aku baru pake beberapa hari si, jadi belom terlalu keliatan popok ini bagaimana. Nanti kalo ada update-an baru aku bakalan tulis disini.

Price : Pants M 34+6 pcs – IDR 55,000 (@1,700 – 1,375)

Berdasarkan pengalaman aku, ketika kita masih pake yang tipe perekat di ukuran New Born and S, pilihan belom terlalu banyak. Baru ketika menginjak ukuran M, udah bisa pake yang tipe Pants, baru banyak pilihan. Semakin besar baby kita kan semakin kuat and ga terlalu sensitive, jadi pilihan juga bisa bertambah banyak.

Tips dari Aku

  • Setidaknya kita harus nemu dua merk popok yang cocok sama baby kita, kalo bisa lebih dari dua lebih bagus. Soalnya, ketersediaan barang itu bisa jadi kendala. Bisa aja sometimes ukuran yang kita mau ga ada atau merk popoknya ga ada sama sekali. Itu yang terjadi di Bali. Kalo kita punya second option enak, kalo ga ada merk A bisa cari merk B.
  • Yang mahal belom tentu mahal, yang murah belom tentu murah. Coba hitung cost per pcs and cek the quality apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan agar bisa cost effective.
  • Sebagaimana iklan popoknya bilang tahan belasan jam, tetap kering bla bla.. Tetep popok itu diganti sebisanya 4 jam sekali.
  • Selalu sedia cream untuk meredakan diaper rash, untuk jaga-jaga aja. Dua merk cream ini yang sudah pernah aku pake and berhasil mengatasi diaper rash di baby aku; Bephanten and Switzal Baby Cream with Zinc. Kalo aku baca baca si, pokonya cream yang mengandung Zinc, bisa membantu menghilangkan diaper rash.

Well, sekian dari aku. Semoga ini bisa nambah-nambah info untuk para New Mums diluar sana. Cheers.. 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *