Pengalaman Order dari Althea Korea – Januari 2019 Non Sponsor

30th January 2019

Jadi, kalo pada baca postingan aku sebelumnya; My Top 6 Online Shop for Beauty Products; link down below:

https://insidediarymanda.com/2018/07/18/my-top-6-online-shop-for-beauty-products/

Althea ini salah satu tempat belanja skin care favorite aku. The reason being, all time cult favorite skin care available there, shipped directly from Korean distributor and 100% original. Most important, best price on the market; online shop Indonesia aja jualnya suka lebih mahal. Skin care ini kan dipake routine ya, kalo bisa nemu yang murah tapi kualitas bagus dan cocok, why not..?!

However beberapa waktu yang lalu di sekitar pertengahan tahun 2018, Althea ini kena problem. Ijjin jualnya dicabut completely dari Indonesia. Sejarahnya problem Althea ini panjang ya sebenernya, ga cuma dari pertengahan tahun 2018. Dulu banget website Althea sempet di block, jadi customer selama beberapa waktu cuma bisa belanja dari PlayStore App nya dia aja. Cara ini cukup aman dan berjalan selama beberapa waktu. Eh, sampe pertengahan taun kemaren bermasalah lagi. Dan finally, baru-baru ini dibuka lagi.

Sebenernya kalo aku liat si, masalahnya karena harga Althea tu lebih murah dari pasaran yang ada di Indonesia, banyak orang yang memanfaatkan ini untuk jualan lagi. Beli banyak…, terus dijualin lagi lebih mahal. Otomatis ketauan dong sama pemerintah, enak banget dia jualan gitu ga pake pajak import perdagangan gitu. Belom lagi ada jastip-jastip (Jastip = Jasa Titip) Althea yang bertebaran di berbagai penjuru daerah. Althea ini kalo kita belanja diatas 300rb baru bisa dapet free ongkir soalnya, jadi yang cuma mau beli 1 item aja misalnya bisa pake si jastip-jastip ini. Karena hal ini lah, akhirnya pertengahan tahun 2018 ini mulai di tertibkan pemerintah. Ga cuma Althea ini aja, tapi pemerintah kayaknya ‘bebenah’ peraturan untuk proses Import Online Shopping for personal used macem begini.

Sekitar bulan September 2018, dapet lah aku email dari Althea dengan subject ‘Althea Telah Kembali’.. Uihh.. kaget sekaligus seneng gitu. Alhamdulillah kan … kalo Althea bisa buka lagi. Aku tu diundang untuk percobaan pembelian karena sebelumnya aku udah pernah beberapa kali belanja di Althea. Tapi ah… males ikut percobaan mah, ntar barang kenapa-napa lagi. Kan ga gratis beli barang nya mah, tetep aja bayar. Walaupun dia ngasih guarantee uang kembali kalo barang kenapa-napa (ketahan di bea cukai misalnya, or shipment problem), tapi males repot ah. Jadi aku skip, toh saat itu skin care ku masih penuh.

Nah, bulan January ini karena skin care mulai pada menipis, mulai lah aku lirik-lirik lagi Althea. Website nya dia dah beroprasi lagi; https://in.althea.kr/ . Aku pikir dah bisa lah sekarang belanja disini. Althea ngeluarin beberapa peraturan pembelian seperti yang udah aku screen capture ini ya

Untuk aku si peraturan-peraturan itu ga memberatkan sama sekali ya, karena memang bukan untuk keperluan jual beli, tapi untuk penggunaan pribadi. Peraturan itu dikeluarin jelas untuk menaggulangi para pedagang importir ilegal itu. Yang aku agak ga nyaman si bagian KTP. Ga keberatan si share KTP, tapi ribet ih.. pake disuruh tanda tangan segala. Disuruh tanda tangan di box nya (kaya pas kita tanda tangan e-ktp itu lo systemnya… susah kan untuk nyamain sama di KTP kita). Aku screenshot ya biar kebayang kaya apa:

Verivikasi KTP ini emang si dilakukan hanya sekali aja untuk yang baru beli lagi di Althea setelah dibuka kembali dibulan September 2018. Setelah selesei input segala data, method of payment, alamat, dll, tertulislah bahwa your order has been successful. Abis itu, cek ke ‘Pesanan Saya’ terlihatlah bahwa statusnya ‘processing’. Abis gitu kita juga terima email yang more or less isinya thank you for ordering, ini nomor pesanannya dan summary pemesanan. Katanya, anti kalo udah selesei di process, dia bakalan email nomor track pengiriman. Abis gitu, udah deh.. tinggal duduk manis and nunggu. Ada beberapa hal lagi yang perlu diketahui ya.  See the screenshot below :

Shipping Althea ini pake RINCOS team up sama JNE. Surprisingly, kali ini pengirimannya termasuk cepet, dulu mah bisa sampe 2-3 minggu. Sekarang bisa diliat, aku order tanggal 14 January dan dalam semingguan dah sampe lagi; tepatnya tanggal 23 January tu dah sampe rumah. Worth it banget pokonya untuk aku si, terutama karena free ongkir nya above 300rb aja. Untuk belanja skin care sekitaran 3-6 bulan sekali, biasanya aku si sekali belanja emang segitu.

Penampakan box nya seperti dibawah ini, well packed and shield. Pink box tu ciri khas Althea banget. Kebetulan pas aku order ini pas lagi event taun baru Cina gitu, jadi box nya special sama dapet beberapa souvenir Chinese New Year.     

Well, semoga membantu ya.. Jangan lupa pantengin special promo and discount Althea di IG: @altheakorea or they will send you email if you are in their mailing list. Selamat belanja…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *