Diary Sehat Manda (part 2) – Exercise Routine / Rutinitas Berolahraga

Ok.. ini sebenernya yang paling challenging menurutku. Seperti judulnya, Exercise Routine – Rutinitas Berolahraga. Jadi bukan cuma olahraga untuk menurunkan berat badan, tapi bagaimana caranya menciptakan rutinitas olahraga in my life. Challenging karena kita tu harus bikin itu sebuah rutinitas yang akan selalu kita lakukan di hidup kita, bukan karena pengen turun berat badan doang abis gitu stop. Katanya ideally kita olahraga daily 5x a week, minimum 30 minutes a day.

Aku jelasin kondisi aku ya… Ini anggap aja aku tinggalnya di kost kostan, jadi sempit ini tu kamarnya. Trus, aku adalah ibu rumah tangga anak 3. Dua anak tertua si udah pada SMP, jadi dah bisa di tinggal. Nah, si bungsu ini baru aja 3.5 tahun. Otomatis kemana mana aku harus sama si bungsu ini.

Di kost kostan ini aku ga bisa masak sendiri, anggap aja harus selalu beli. Trus, aku juga ga bersih-bersih sendiri. Ada housekeeping yang dateng tiap hari untuk bersiin.

Aku ga bisa naik mobil, bisanya motor. Kalo mau pergi keluar ga bisa berdua doang sama si kecil, pastinya harus sama Pak Suami and pastinya harus nunggu dia libur kerja dulu. Singkat cerita bisa dibilang that I’m stuck with the little one; kita satu paket.

Karena aku satu paket sama si kecil itu lah, aku cuma bisa olahraga ketika dia tidur siang. Kebayang ga kalo olahraga kalo dia lagi bangun?? Ga mungkin banget kan ya… Orang kita mandi aja di panggil-panggil diluar. Bahkan kadang kita harus mandi dengan kamar mandi kebuka.. Si kecil tidur siang rata rata 2 jam lah sehari. Anggap aja suatu hari dia gagal tidur siang, sejauh ini yang terjadi adalah gagal juga program olahraga aku hari itu. Mau gimana lagi..

Jenis Olahraga

Dulu sebelum punya si kecil, aku ke gym 3x seminggu and ada personal trainer nya. Hari minggu biasanya aku lari keliling lapangan sepak bola. Aku bisa lari 4 keliling lapangan sepak bola dalam 15 menit. Kadang dalam satu minggu itu aku sisipin juga yoga. Aku berhenti olahraga dari mulai hamil si kecil sampe 6 bulan sejak tinggal di Sorong. Means, off exercise for almost 4.5 – 5 tahun.

Sekarang kan kondisi dah lain ya.. Aku harus cari tipe olahraga untuk dirumah aja. Ternyata setelah dipelajari, lewat google, youtube, instagram dll, ada ko olahraga untuk dilakukan di ruangan sempit/terbatas katanya. Olahraga untuk di apartment yang ga bisa loncat takut tetangga dibawah berisik. Ada juga olahraga untuk yang punya masalah dengan lutut. Ada olahraga untuk ibu abis melahirkan baik itu melahirkan normal atau cesar. Macem-macem banget kondisinya. Terpampang dari untuk yang beginner sampe ke yang udah expert. Tinggal ikutin program yang ada baik itu di Youtube atau media lainnya.

Banyaknya kondisi yang ada itu bikin aku mikir, kalo ternyata aku ga sendiri. Banyak juga ko ibu-ibu kaya aku yang berusaha untuk olahraga. So, semangat…….!! Jangan banyak alesan. Gapapa sebisanya aja, kan lebih baik dikerjain aja daripada ngga sama sekali. Aku pernah denger dari seorang coach, berapa lama kita menggendut? Berarti logikanya kita juga turun berat badan ya selama itu kurang lebih waktunya. Kata-kata iklan kaya ‘turun berat badan hanya dalam 2 minggu’, bla bla… Bisa di cek itu turun berat badannya gimana? Lemaknya yang ilang, atau otot yang ilang? Pake obat-obatan, minim asupan gizi atau gimana? Jangan sampe malahan buruk untuk kesehatan.

Alat alat Olahraga

Setelah aku milih jenis olahraga yang aku pengen, barulah aku beli alat-alat.

Yoga Mat

Karena aku kepengen bisa yoga juga, aku butuh Yoga Mat. Sengaja milih yang tebel 10mm supaya empuk dipake guling-guling. Dipake yoga bisa, dipake floor exercise yang lain juga bisa. Beli yang murah aja aku mah, dibawah 100rb juga dah cukup kepake buat aku.

Dumbbell

Ini aku butuh untuk strength exercise. Emang si, lebih praktis untuk beli dumbbell yang bongkar pasang satu set gitu biar lengkap dari sekilo sampe total 20 kilo. Tapi aku mah beli yang eceran aja. Sekarang punya pair of 1kg (kiri 1kg, kanan 1kg), pair of 2kgs, pair of 3kgs. Yang pair of 1kg ada pengikat di tangan karena itu khusus aku pake untuk aerobics. Yang lain dumbbell yang biasa. Tapi aku prefer dumbbell yang bahannya vinyl kalo bisa, soalnya enak di pegang supaya ga licin. And lebih memilih yang ga lingkaran, pokonya yang ada seginya (biasanya kan segi 6). Kenapa pengen yang bersegi, karena supaya ga gelinding. Aku ngerasa jadi lebih aman aja.

Sekarang aku masih pake yang pair of 3 kgs (3 kgs kiri, 3 kgs kanan), awalnya dari pair of 2 kgs dulu. Nanti mungkin kalo dah merasa bisa, naik ke berat selanjutnya.

Mini Stepper

Aku punya ini kalo seandainya aku lagi kepengen denger music aja and males ikut any instruction. Jadi pake mini stepper ini sambil denger spotify, udah beres.

Other cardio & yoga

Aku ikut aerobic atau HIIT session yang ada di Youtube. Aku follow beberapa orang yang aku cocok style olahraganya. Ganti-gantian aja ikutan yang mana.

Sepatu Olahraga + Baju Olahraga + Mirror

Aku beli sepatu baru diskonan, hehe.. supaya semangat.. Setiap olahraga aku pake sepatu (kecuali yoga) walaupun di dalem rumah. Aku juga perlu beli bra olahraga baru. And setiap olahraga aku selalu olahraga depan kaca, supaya keliatan bener ngganya. Soalnya kan kita suka ga sadar kita gerak kaya gimana. Kalo ada kaca mah kan jadi keliatan posisinya bener atau ngga.

Katanya kan sehari olahraga minimum 30 menit trus 5x dalam seminggu. Jujur, awal-awal ga bisa ngikutin itu, cape ih gila. Baru sekarang-sekarang ini aja aku dah mulai bisa.

Trus, katanya at least 400kcall per day + 6000 steps. Kalo dengan olahraga yang aku pilih, 30 menit tu belom dapet 400 kcall. Palingan 240an kcall aja. Jadi, ga bisa kalo cuma 30 menit, kudu antara 45 menit sampe 60 menit. Nah sampe saat ini, belom pernah aku nyampe 5x dalam seminggu untuk olahraga 45 – 60 menit per hari. Tapi dont worry, its on progress…. Kemaren-kemaren dah bisa 30 menit x 5 hari. Ga lama lagi pasti bisa 45 – 60 menit x 5 hari atau bahkan 6 hari. Semangat !!!

Awal-awal mulai lagi exercise, ikutan yoga 15 menit untuk pendinginan yang dipake untuk orang yang baru sembuh sakit aja aku udah kewalahan banget. Badan kaya mau patah semua. Cium lutut kehalangan perut buncit, angkat paha sejajar pinggang aja beraaaaattttttttt. Lari aja berat pantat, perut, paha, baru semenit dah sesek nafas aku.

Alhamdulillah sekarang dah jauh membaik. Lari dah ga begitu berat. Belom mulai lari serius lagi, but I’m preparing myself. Sekarang, sehari olahraganya diusakahan session pertama strength exercise, lanjut cardio di session berikutnya, kurang lebih total sejam supaya dapet 400kcall. Ini belom bisa sampe 5x berturut-turut dalam seminggu paling 3 atau 4 kali seminggu. Insyaallah kedepannya bisa.

Apakah berat badan aku dah turun banyak? Boro-boro, beloooommmm. Ya gitu aja sesuai statistic, which is turun 2 kilo dalam 2 bulan tapi malahan masa ototnya yang turun banyak (which is not a good thing). Target aku kan nurunin visceral fat and subcutaneous fat, bukan ototnya. Alhamdulillah sekarang baru visceral fat turun satu aja, yang lain belom. But, I’m happy with my stamina sejauh ini, jauuuhhh lebih baik daripada awal-awal. And I promised myself, it will keep progressing.

Semoga yang baca ini bisa termotivasi ya….. Ayo-ayo bisa yu…. Kita olahraga sama-sama. Ga usah mikirin targetnya. Ga usah mikirin, wah… ini mah 10 tahun kali baru turun berat badan. Ah… ga usah mikirin gitu… kerjain aja. Ga usah mikirin takut gerakan salah, ga ada yang liat juga…. Lama-lama juga kita pasti bisa lebih baik ko. Inget, lebih baik daripada ngga dilakukan sama sekali and tidak ada hal baik yang sia sia. Istiqomah…… Hwaiting !!

Kalo ada yang mau share pengalamannya, boleh share di comments ya… bye now…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *