Pindah ke Sorong, Papua Barat Daya

12th January 2023

Ok Hi.. Sorry banget baru update lagi… It’s been a lot lately. It’ been a lot because… Seperti yang terlihat dari judulnya, kita sekeluarga pindah ke Sorong, Papua Barat Daya. Tepatnya di Kabupaten Sorong, kecamatan Aimas. Aku bakalan cerita sekilas aja mengenai Sorong. Soal berapa luas wilayah sorong, berapa tinggi diatas permukaan laut, tingkat kelembaban, dll mah ga usah aku ceritain disini ya.. Itu mah cari di Google aja banyak. Ini mah cerita real life aja my life in Sorong in 2023 😉

Jadi, suamiku pindah kerja. Mulai January 2022 dia resmi bekerja di Aimas Hotel and Convention Center. Suamiku pergi duluan, aku sama anak-anak nyusul karena nunggu kenaikan kelas supaya pindah sekolahnya ga tanggung.

Udah pada tau kan ya proses pindah sekolah? Jadi, kita harus narik berkas dulu dari sekolah lama dengan syarat ada pernyataan tertulis dari sekolah baru bahwa anak kita bisa di terima di sekolah itu. Barulah proses administrasi selanjutnya bisa dijalankan. Nah.. selagi aku sama suami jauh-jauhan tu, dia nyari sekolah baru di Sorong, aku yang ngurus administrasi di sekolah lama. Gampang ko.. ga lama ngurusnya. For your reference, anak-anak aku di SD dan SMP.

To be very honest, denger nama Papua tu orang banyak yang kaget, banyak yang was-was kita pindah ke Papua. Soalnya Papua itu jauh, pesawat kesana sampai saat ini per orang diatas 1 juta. Ga banyak orang yang cerita di online mengenai Papua, jadinya kurang exposure. Abis gitu banyak banget berita mengenai keamanan di Papua yang masih menjadi perhatian serius di Negara Indonesia.

Alhamdulillah untuk aku pindah ke Papua sama seperti ketika aku mau pindah ke tempat lain; sama exited-nya, seneng aja. Kebetulan sebelum kita confirm pindah ke Sorong, ade aku tinggal di Jayapura 3 tahun. Ya sedikit banyaknya aku denger banyak cerita, ade aku juga banyak bantu ngasih tau ini itu, jadi ga blank banget. Sejauh ini Alhamdulillah aman aja, ga ada yang aneh-aneh.

Flight ke Papua ga ada yang enakeun jamnya. Selalu late night flight and early morning connecting flight, transitnya di Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makassar. Kalo kita punya budget untuk nginep di Airport Hotel disana si gapapa, disana ada Ibis budget kalo ga salah. Tapi kalo kaya aku, budget pas-pasan, ya wayahna (kurang lebih artinya nerima apa adanya). Waktu itu aku pake Lion Air, jam 11an malem kalo ga salah baru landing Makasar. Next flight jam 3 shubuh. Jam segitu Bandara International Sultan Hasanudin Makasar matiin AC central (penghematan kali gitu ceritanya), jadinya aku si lumayan kepanasan disana. Siapa tau laper, jam segitu cafe cafe cukup banyak yang buka. Trus tempat nunggunya kursi-kursi besi gitu deh. Jadi untuk yang punya anak kecil, bawalah selimut and bantal travelling supaya bisa rebahan atau bahkan tidur sejenak di kursi itu. Lumayan anak-anak dapet istirahat sedikit.

Sampe di Sorong, I was amazed. This place is plural, it’s a mixed of people from different races. Paling banyak ya pasti orang Papua asli atau kita nyebutnya OAP (Orang Asli Papua). Chinese Keturunan juga lumayan banyak. Trus orang-orang Makasar, Manado, Ambon, Maluku. Terakhir, orang-orang dari Pulau Jawa. Ceritanya dulu, banyak orang yang dikirim transmigrasi ke Sorong ini, makanya jadinya mixed. Sepanjang perjalanan dari Airport ke Aimas, Kabupaten Sorong, aku liat banyak Gereja, Masjid juga banyak and besar-besar. Di deket tempat aku tinggal aja bisa nemu 3 mesjid yang besar and the best part is aku bisa denger adzan dari kamar 😊 (Selama aku tinggal di Bali, ga pernah aku bisa denger adzan dari rumah).

This is the most crucial part for me; mengenai telephone mobile provider. Ade aku udah ngasih tau kalo waktu dia di Jayapura, XL provider ga ada disana. Jadi sebelum aku pergi, aku searching dulu lah. Di Google si dibilang, kalo XL available di Sorong Papua, 4G lagi. Untuk mastiin, aku bahkan menghubungi customer care XL and mereka bilang ADA. Tapi pas suamiku kesana, dia bilang di sorong ga ada yang pake XL. Terbukti juga, ketika aku sampe di Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong, XL-ku mati seketika. DEAD. Ga ada jaringan sama sekali; MATI. Jadi untuk para pengguna nomor XL, kalo mau pada kesini silahkan cari backup number, karena the only provider yang bekerja disini hanya dari TELKOMSEL aja sampe sekarang.

Untuk selera makanan Alhamdulillah aku ga ada masalah sama sekali. Disini banyak orang-orang dari Sulawesi, Maluku, Jawa, jadi disini otomatis banyak makanan dari daerah-daerah itu. Disini ada Pizza Hut, KFC, CFC, ada J-Co, ada Solaria, Burger Bangor punyanya Denny Soemargo ada, Miyazaki juga ada. Dagang bakso enak Alhamdulillah ada juga ko ibu-ibu… jangan sedih…

Kalo mau ngopi, disini ada coffee shop bagus namanya Roemah Kopi. Nanti aku bakalan cerita lagi soal coffee shop ini. Janji Jiwa juga ada, kopi Soe ada, kopi kenangan and beberapa merk kopi lainnya. Sorong punya merk kopi Lokal namanya Kopi Senang. Nanti aku cerita terpisah juga ya soal kopi senang. Banyak juga café and restaurant yang worth to visit disini. Ada restaurant dengan pemandangan pelabuhan; Marina namanya, ada Pizza restaurant, ada chinese restaurant. Aku bakalan nulis terpisah soal ini ya, so just stay tuned.

Kalo mau staycation, disini ada beberapa nama Hotel yang jadi unggulan. ASTON baru aja buka, FAVE hotel, VEGA, Belagri, Kriad, Rylich Panorama Hotel and AIMAS Hotel and Convention Center. AIMAS Hotel kolam renangnya paling bagus satu sorong and its also open for public. Rylich Panorama GYMnya paling bagus di Sorong, dia ada roof top swimming pool and jacuzzi.

Dari Sorong ke Raja Ampat udah tinggal nyebrang doang yah, pake fery more or less 2 jam perjalanan. Aku kepengen banget ke raja ampat sekeluarga, mumpung kita udah di Sorong kan.. udah deket tinggal melipir. Insyaallah.. doain ya supaya kita ada rejekinya and bisa cerita disini.

Buat ibu-ibu yang sholehah, tenang … tempat belanja cukup lengkap ko. Mall ada beberapa, tapi.. ya jangan berharap itu seperti mall di pulau Jawa yang bisa dipake rekreasi. Emang disini ga ada apa-apanya banget, however mereka setidaknya punya yang kita butuhkan. Tempat belanja groceries yang paling lengkap ‘SAGA’ supermartket; lengkap tu artinya Tom Yum paste, Gojuchang, Kimchi, Chia Seed aja ada disini. Soy Milk, Oat milk juga ada. Hebat kan untuk ukuran Sorong yang banyak orang ga tau?? Groceries store yang lain juga ada, tapi aku milih untuk belanja disini. Ramayana Robinson ada. Gramedia ada. Tempat belanja alat rumah tangga ada ‘Senyum 5000’ namanya. Mr. DIY ada juga disini, ada dua lagi. Don’t worry be happy, Alphamart and Indomaret menjamur juga disini. Baby Shop paling lengkap dengan merk yang bagus ada di ‘Maleo’ baby shop namanya.

Soal pasar, yang paling lengkap tu Pasar Remu, itu semacam pasar induk lah. Adanya di ujung kota sorong. Pasar kecil-kecil banyak juga ko tersebar di beberapa daerah, but unfortunately tempatnya is not always pleasant untuk belanja. Disini harga ayam standard, di SAGA aja 36,000/kilo sekarang. Daging sapi juga sama aja harganya, ga jauh sama di Indonesia bagian Barat. Uniknya, disini banyak yang jualan daging rusa. Soalnya orang banyak yang seneng berburu rusa di hutan, makanya dagingnya banyak di jual di pasar. Harganya lebih murah hampir setengahnya dari daging sapi. Aku pernah coba makan daging rusa, ya kalo dah dimasak hampir ga ada bedanya sama daging sapi. Kalo udah sampe Sorong, silahkan dicoba.. Sayuran disini fresh gede-gede… Timun aja besar disini mah, sawi putih juga gede-gede.. Unfortunately, disini ga ada brokoli atau cauliflower, ga ngerti deh kenapa. Umbi-umbian banyak banget dimana-mana and jadi konsumsi sehari-hari masyarakat sini. Sukun, buah asli dari daerah sini enak banget, tapi itu musiman. Buah-buahan disini agak mahal ibu-ibu… tapi bagus-bagus ko.. Tapi, untuk yang punya baby, disini ga ada pisang ‘Cavendis’ ya.. Adanya pisang Ambon aja biasa. Alpuket banyak banget yang bagus, bisa tu jadi alternative makanan bayi.

Soal skin care dan teman temannya… Alhamdulillah aku si cukup tenang. Disini skintific, Somethinc, Azarine, npure, ada banyak. Makeup mungkin sedikit lebih tricky. Makeover, Maybeline, Wardah, La tulip, luxcrime, Hanasui, Bare and Bliss, dazzle me, Pink flash si ada walaupun ga lengkap semua. Foundation disini susah banget, cushion si lumayan banyak walaupun shade yang kita mau belom tentu ada, concealer bisa dibilang ga ada, eyeshadow apalagi. Saran aku kalo butuh makeup mendingan kita online aja.

Speaking of which soal belanja online, shipping kesini mahal ya bisa 100,000 – 150,000 per kilo ongkirnya. However ada beberapa cara; salah satumya pake jastip, hehehe… Tar ya soal ini aku harus ceritain serpisah. Untuk kalian tukang belanja online kaya aku, don’t worry .. I feel you.. So, stay tuned aja..

Well, ini kayaknya aku nulis udah kepanjangan. Dulu waktu awal aku tau mau pindah ke Sorong, hal-hal ini yang kepingin aku tau. Aku harap ini bisa membantu untuk yang mau pindah tinggal disini, jadi tau mana yang harus di stock up mana yang ga usah. Semoga dengan ini bisa bikin lebih tenang sedikit buat untuk persiapan pindahannya. 😊

Stay tuned untuk cerita aku yang lain mengenai Sorong dan sekitarnya ya.. Bye now..



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *