Pengalaman Operasi Cesar (C-Section) di Puri Bunda Hospital Bali

Saturday, 10.05.19

Hi…………………..udah lama banget ga nulis… Finally sekarang bisa lagi.

I know, I know, I have been MIA again for sometimes but there’s a reason behind it. Sebenernya aku tu abis melahirkan di bulan Mei lalu. Tepatnya 17.05.2019 lahirlah si ganteng (kata Ibunya..) Kenrick Rafka Bagiartha through a C-section. I can’t even tell you how much I feel blessed that God has given me another chance to have another baby. And, seperti awal niatan bikin blog ini, I will write my experience gone through a C-section. Semoga bisa bermanfaat bagi segelintir orang yang kebetulan baca.

First of all, I will tell you my personal condition. I am 36 years old woman, Kenrick is my second baby, lahir dengan operasi cesar. My first born was 8 years ago, melahirkan dengan normal. Di tahun 2018 me and my husband ntah dapet wangsit darimana memutuskan untuk punya anak lagi. Kita mendatangi Puri Bunda Hospital di Bali atas rekomendasi dari teman and we are keep in touch with Dokter Kadek Suyasa Jaya (He is the best gynecologist in Bali according to my opinion, go visit him if you have any problem). We were treated at Unit Layanan Reproduksi WIN (Wija Insan Nugraha) untuk program kehamilan. Singkat cerita, finally datanglah Kenrick. Let me know if you want me to give you some information about Program Kehamilan di Puri Bunda Hospital.

Operasi Cesar (C- Section)

I will share with you all pengalaman c-section dari sudut pandang aku sebagai pasien yang awam.

Operasi Cesar tu ada 2 kondisi; Un-planned C-Section and Planned C-Section. Unplanned C-section adalah situasi dimana harus segera diambil tindakan operasi tanpa direncenakan terlebih dulu. Misalkan ketika ditengah process persalinan, ada komplikasi sehingga diharuskan diambil tindakan cesar. Atau sebelum waktu melahirkan ada kecelakaan. Pokonya segala bentuk keadaan darurat yang mengharuskan untuk diambil tindakan operasi cesar.

Planned C Section adalah operasi cesar yang sudah direncanakan sebelumnya karena berbagai kondisi. Nah, ini yang terjadi sama aku. Ada beberapa factor sehingga aku direkomendasikan untuk cesar. Pertama, factor usia. Waktu mulai hamil, aku tu udah masuk di usia 36 tahun. Hamil diatas usia 35 tahun itu berdasarkan teori kedokteran sudah dikategorikan sebagai hamil yang beresiko. Resiko apa aja? Keguguran, bayi ga sehat, si Ibu kondisi lemah, dll. Melahirkan normal di usia diatas 35 tahun  sangat beresiko bagi Ibu dan janin. Dokter nya bilang, ‘kondisi mu udah ga seperti dulu lagi Manda.. Perempuan tu dalam rentang 8 tahun, udah jauh beda banget kondisinya’. Memang aku yakin banyak ko perempuan yang bisa lahiran normal di usia yang sama kaya aku, tapi aku sama suami mikirnya kalo persentase resiko meningkat, ya udah si cesar aja gapapa. Terbukti di usia kehamilan 35 minggu, ari-ari ku udah mulai pengapuran. Padahal pengapuran itu normalnya terjadi kurang lebih di week 39 pas mau melahirkan. Tapi karena usia, terjadilah pengapuran dini. Dari situ aja, aku dah bersyukur udah memutuskan untuk cesar.

Operasi Cesar (C- Section) di Puri Bunda Hospital

Sejatinya operasi cesar itu dilakukan bukan di week 40 di usia melahirkan normal, melainkan di week 38 dimana kondisi bayi pada saat itu dianggap dalam kondisi puncak. Dokter Kadek membebaskan kita untuk memilih tanggal, yang penting untuk dia si asal di week 38. Aku si seneng banget boleh milih gitu, waktu itu bulan puasa and aku pilih hari Jumat. Nah, Dokter Kadek pengennya operasi  udah mulai jam 06.00 pagi….. OMG……. Berarti aku tu harus udah ada di rumah sakit the latest jam 5 pagi…. Jarak dari rumah ke hospital kurang lebih 40 menit pula. Katanya alesannya supaya kita ga kerasa puasa. Sebelum operasi kan harus puasa dulu. Dari malem sebelumnya kan udah ga boleh makan dari jam 11, which is ga jadi masalah karena toh kita tidur. Bangun pagi boleh minum air. Kita baru boleh makan lagi 2 jam setelah operasi, which ga masalah juga sama aja kaya sarapan pagi jam 8 atau jam 9. Jadi puasa ga kerasa and asam lambung ga naik. Alesan ke dua, katanya biar seluruh team dokter belom punya janji yang lain kalo pagi-pagi gitu, jadi kalo ada apa-apa kita duluan yang ditangani. Those two strong reasons bikin aku setuju tanpa perlawanan untuk dateng ke rumah sakit pagi-pagi buta.

Di Puri Bunda, minimum 2 minggu sebelum hari H  kita tu harus udah lapor ke reception kalo kita ada appointment untuk operasi cesar dengan dokter siapa, tanggal berapa, jam berapa. Sebulan sebelumnya kita tu harus udah bikin reservasi kamar. Pas hari H, kita tu cuma perlu dateng aja registrasi ke reception. Aku dateng teng banget jam 5 pagi, which is salah seharusnya lebih pagi lagi karena ternyata lama banget process registrasinya, alhasil diomelin dokter kadek karena operasinya mulainya jam 6 lebih :D. Di dalem ternyata kita didata lagi. Ya jadinya itu…telat, ahahaha..

Aku tu ngerasa terbantu banget di Puri Bunda. Kayaknya semua team udah terlatih untuk bergerak efektif and sistematis untuk mengantisipasi kebutuhan ibu and bayi. Setelah pendataan, aku diruang tunggu operasi disuruh ganti pake jubah operasi, perhiasan semua dilepas, disarankan no make-up no nail polish biar kalo ditengah operasi ada apa-apa, biar di diagnosa dari perubahan warna kulit, bibir, kuku. Abis gitu, kita di bawa ke ruang operasi, disuruh tiduran di meja operasi. Disitu dijelaskan oleh dokter anastesi mengenai process anastesinya gimana. Bahwa nanti harus miring trus akan di suntik dari tulang belakang, trus akan merasa kesemutan dari pinggang ke bawah lalu akan terasa kebal. Sounds ok for me… Lagian sebelumnya Dr. Kadek dah pernah ngejelasin, kalo dari pinggang ke bawah akan dibius ga akan kerasa apa-apa dan dari pinggang ke atas akan normal aja, bisa gerak bisa bicara.

Sambil nunggu, aku tu tidur, merem.. ahaha… Ngantuk soalnya dari shubuh…. Abis gitu aku denger dokternya anastesinya bilang, ‘bu..saya akan mulai suntik ya seperti yang saya jelaskan sebelumnya’. Aku bilang, ‘iya..’ sambil cuek aja tidur. Abis gitu tiba tiba, kita balik ya bu (dari miring jadi terlentang). Aku yakin bumil pasti ngerti, udah lama banget rasanya kita tu ga bisa terlentang. Sakit banget panggul soalnya kan kalo terlentang, mau patah rasanya. Nah, saat itu kan pinggang ke bawah dibius, jadi ga kerasa apa-apa, ga sakit. Aduh masyaallah… itu tu enak banget rasanya… Jadi malah males bangun tidur. Alhasil selama operasi cesar tu aku tidur aja.. Nyeselnya sekarang, padahal pengen tau loh gimana gitu situasinya pas operasi. Sayangnya blaass…, tidur setidurnya. Inget pas dibilang, ‘bu ini anaknya udah lahir ya..sehat dah nangis’. Aku bilang, ‘oo iya..’ Keliatan sekilas mukanya, susternya sambil lalu. Trus udah gitu doang. Abis gitu tidur lagi. Bangun-bangun dah beres, aku juga ga sempet liat Dr. Kadek. Dodol..

Setelah process itu masuk ruang pemulihan. Disitu dijelasin, kalo aku bakalan ngerasa kesemutan lagi seiring dengan ilangnya pengaruh anastesi. Suami disuruh ngurusin ari-ari, sementara kita nunggu untuk dianter ke kamar.

Alhamdulillah lancar banget process lahiran dari awal sampe pulang. Disana nginep 2 atau 3 malem kalo ga salah. Day 1 semenjak keluar dari ruang operasi, kita pake epidural 24 jam. Day 2 dilepas, udah bisa belajar jalan. Di hospital, suster keluar masuk silih berganti di jam berbeda, ada yang ngasih obat, ganti perban, periksa tekanan, nganter bayi. Pokonya Ibu dibuat sesantai mungkin. Walaupun sometimes karena kita dah kecapean banget, pas…banget mau tidur ada yang dateng, baru merem ada lagi yang dateng, belom tamu yang dateng.. Yah..nikmati aja, punya anak belum tentu setaun sekali juga, ahaha..

Yang paling aku seneng tu, di hari terakhir saya sama new mom yang lain dikumpulin disatu ruangan and disitu suster dan dokter anak memberikan penjelasan singkat mengenai perawatan bayi, kesehatan dan tumbuh kembang bayi, menyusui dan perawatan Ibu. Bagus banget untuk meng-cover pertanyaan-pertannyaan Ibu baru. Daripada dapet informasi ga valid; kata si ini si itu, lebih baik kita bisa langsung tanyain disana. Pada saat itu juga kita akan dikasih tau, control pertama di tanggal berapa, dan target berat badan berapa.

Biaya Operasi Cesar di Puri Bunda:

Aku tu BPJS kelas I. Naik dua tingkat ke Kamar VIP Supraba dengan tambahan biaya 11 jutaan. Udah termasuk biaya anak, obat, lengkap lah pokonya. 5 juta bayar diawal, sisanya bayar pas mau pulang.

Kamar di Puri Bunda:

I may say it’s really out of date, bangunan lama soalnya. Kaya kamar dirumah kita gitu, bukan kaya dirumah sakit. I hope you are understanding what I’m talking about. Pokonya, kalah aja dibanding rumah sakit lain.

Room Service:

This is the worst. Anggap aja ga ada. Mereka nganterin makanan pagi siang sore si normal, makanan juga enak. Tapi don’t expect lebih dari itu. Katanya buka 24 jam, bla bla… ga usah ngarep deh daripada emosi. Kantin yg jual snack jajanan mah ada.

Di article yg terpisah aku bakalan share tips-tips pasca operasi cesar berdasarkan pengalaman aku pribadi aja ya. Pengalaman real dari seorang keluarga kecil perantauan yang jauh dari orang tua, ga ada keluarga lagi disini and melahirkan anak kedua dengan cesar. Untuk yang ini segini dulu, biar ga terlalu panjang. Semoga membantu… 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *