Danur – Risa Saraswati

16 Agustus 2018

 

Kali ini aku lagi di Bandung, kalo di Bandung pasti ke PVJ (Paris Van Java), di PVJ pasti ke Gramedia, haha..

Emang setiap ke Gramedia, selalu mata tu nyangkut di koleksi buku Risa Saraswati, sebenernya tertarik untuk baca udah lama, tapi teh sieun…….. (tapi tu takut). Aku tu segala sesuatu berbau horror hantu pokonya A BIG NO. I can handle suspense thriller but not ghost and their friends. Their powers are somehow beyond my reach and my common sense, so I never watch any ghost horror movie or listen / read a ghost story.

Ntah karena apa, kemaren tu beli dong… mendadak beranian…. Haha… Ngebaca awalnya aja deg deg an ih.. Mulai baca kan menjelang sore tu, pas udah mulai malem berhenti dulu ah… ahaha…parno sendiri.

Menarik ya kalo kata aku, menceritakan sebuah kisah masa kecil Risa Saraswati ini bersama 5 temennya yang ga bisa dilihat oleh orang lain (in other words makhluk halus), bagaimana dia bisa punya kemampuan ini.  Ada juga sedikit latar belakang cerita masing-masing temen tak kasat matanya itu. Cerita lebih lengkap mengenai temen-temennya ini udah ada juga bukunya di pasaran.

Danur itu buku pertama dari Risa Saraswati, let see if I like it that much. Di kabarin lagi nanti ya..

 

21 Agustus 2018

 

Dah beres bacanya… Sebenernya butuh 2 hari baca ini, cuma aku breaknya lama soalnya harus balik ke Bali, banyak errands, plus sakit, plus gempa .. Jadi males ngapa-ngapain kemaren tu.

Nah, about the book; kenapa awalnya aku tertarik baca ini tu karena aku tu pengen tau perspective nya Risa Saraswati. Pengen tau gimana dia menjalani hari-hari nya dengan anugrahnya dia ini, gimana dia beradaptasi, gimana dia akhirnya bisa menerima dirinya apa adanya, apa kesulitannya. Soalnya sebelum dia, orang-orang yang biasanya claimed publicly  ‘bisa berinteraksi’ dengan makhluk halus tu cenderung misterius serem horror gimana..gitu. Dia tu orang pertama yang punya kemampuan seperti ini tapi mendeskripsikan, memperlihatkannya secara ‘normal’, bukan di serem-seremin dan dia mau buka itu ke public; I actually liked it. She’s even write a song about her and her 5 friends.

Kalo dibaca, ada part dimana dia tu kasian banget lo.. anugrah ini tu ga gampang. Syukur Alhamdulillah dia masih hidup juga. Ada juga part dia merasa bersyukur banget punya anugrah ini dan dengan bahagia menerima bahwa ya..inilah hidupnya dia.

Buku ini juga ada nyeritain mengenai beberapa makhluk halus yang dia temui selain ke 5 temennya itu, gimana ceritanya ketika mereka hidup sampai akhirnya meninggal. Terus terang part yang ini aku ga terlalu tertarik, selain karena sieun (takut), like I said aku si jauh lebih tertarik sama point of view nya si penulis mengenai kemampuan yang dia punya.

Film Danur (2017) and Danur 2 (2018) udah keluar kan ya di bioskop. Oktober ini malahan ada lagi ‘Asih’. Asih itu salah satu makhluk halus yang berinteraksi dengan Risa. Di Indonesia ini emang horror movie is highly in demand. Aku sebaliknya, STILL refusing to watch ghost horror movie. Cukup baca bukunya aja ah.. ini juga cape lo bacanya, tegang.. Will I read another book from Risa Saraswati? Maybe, maybe not. Ntar kalo ke Gramedia lagi, I will let you know.. 😉

Surprisingly, I’m watching Jurnalrisa Youtube Channel. A channel managed by Risa Saraswati yang menceritakan soal horror makhluk halus. Aku juga kaget ko’ malahan nonton begituan; so’ so’ an. Please see how I feel about it the link below :

https://insidediarymanda.com/2018/10/03/jurnalrisa-youtube-channel/

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *